Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Home / Fauna & Flora / Cara Budidaya Lobster Air Tawar

 

Budidaya lobster air tawar akhir-akhir ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Permintaan masyarakat untuk lobster air tawar semakin bertambah namun peternah lobster air tawar ini belum banyak sehingga kebutuhan masyarakat belum terpenuhi untuk permintaan lobster air tawar. Budidaya lobster air tawar ini dapat anda lakukan di kolam tanah ataupun kolam terpal namun yang perlu anda ketahui adalah anda harus memperhatiakan dengan cermat agar hasil panen yang anda hasilkan semakin maksimal.

Habitat dan Pemberian Pakan Budidaya Lobster Air Tawar

Pertama kali dalam melakukan budidaya lobster air tawar ini adalah menentukan lobster tersebut mau tinggal dimana, di kolam dari tanah, kolam semen, akuarium atau kolam terpal. Sebelum kolam anda beri air sebaiknya anda menambahkan produk bahan organik dariĀ agen nasa, untuk menegmbalikan kesuburan lahan, mempercepat pertumbuhan pakan alami yaitu plankton dan menetralkan senyawa beracun. Anda dapat meberi kolam anda beberapa sendok produk bahan organik tersebut dalam air sampai bercampur dan tuangkan merata ke seluruh kolam anda. Diamkan selama 3 sampai 7 hari kemudian berilah air pada tambak anda sekitar 20 hingga 30cm, diamkan 3 sampai 7 hari untuk menghilangkan kaporit jika pengairan anda dai PAM dan dapat membantu pertumbukan plankton. Tambah lagi air dalam kolam anda hingga 80cm. Untuk pemberian pakan pada lobster air tawar ini anda harus cermat juga, seberpa jumlah yang lobster tersebut butuhkan, karena lobster seperti ikan lele, jika asupan makanan tidak cukup mereka akan saling memangsa satu sama lain. Lobster sebaiknya diberi makan 2x sehari yaitu pagi hari dan sore menjelang malam, makanan yang biasa digunakan sebagai pakan adalah pelet, jagung basah atau sayuran lain kemudian ada ketela pohon yang diparut dan juga plankton. Untuk meningkatkan pertumbuhan lobter perlu tambahan nutrisi pelengkap dari produk yang sudah tak diragukan lagi yaitu dari agen nasa. Kolam yang anda miliki sebaiknya diberi pralon untuk persembunyian lobter karena hewan ini suka bersembunyi, serta dapat digunakan lobter untuk berkembangbiak serta melindungi diri dari lobster yang lebih besar darinya. Pralon tersebut juga bisa anda beri lubang atau ventilasi agar pergantian air dalam pralon lancar. Lobster mengalami bergantian kulit, sama seperti ular. Pada masa pergantian kulit merupakan masa terlemah lobster dan jika asupan pakan kurang lobster yang sedang ganti kulit menjadi sasaran bagi lobster lain. Setelah ganti kulit biasanya lobster memiliki tubuh yang lebih besar dari sebelumnya.

 

Pemilihan Bibit dan Pemanenan Budidaya Lobster air Tawar

Bibit bisa anda dapatkan dengan mengawinkan lobster betina dan jantan. Anda dapat mengetahui jenis jantan atau betina dari warna capit dari lobster tersebut. Untuk bibit terbaik pilihlan ukuran antara 1 sampai 2 cm, anda juga dapat membuat baling-baling air agar gelembung gelembung air yang ada dapat bertambah. Untuk pemanenan, budidaya lobster air tawar ini dapat dipanen ketika berumur 7 bulan. Untuk panen biasanya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Jika anda melakukan panen pada siang hari dikhawatirkan lobster akan mati karena pengurangan air bersamaan dengan lobster melakukan molting. Untuk cara panen yang mudah adalah menggunkan alat mebuangan, kurangi air dalam kolam hingga 5 cm dan tutuplah lubang pembuangan dengan saringan agar lobster ini tidak ikut keluar bersama dengan air yang dibuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *