Cara Berpakaian Menurut Islam Untuk Laki Laki Ala Rosulullah

Home / Islam / Cara Berpakaian Menurut Islam Untuk Laki Laki Ala Rosulullah

Islam selalu mengatur cara berpakaian menurut islam untuk laki laki bukan hanya perempuan saja. Sebab aurat laki-laki wajib dijaga dan jangan sampai nanti diumbar sembarangan. Dengan menutup aurat maaka akan selalu menjaga kepribadian yang jauh lebih baik dan meningkatkan keimanan kepada allah. Semakin terbukanya pakaian laki-laki, maka semakin binal pula perlakuan dan sikap serta sifatnya dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari. Apabila hal ini yang diterapkan dalam hidup, maka rusaklah laki-laki itu. maka dari itu, mulai hari ini perlu untuk selalu berpakaian sesuai dengan syariat islam.

roda2blog.com

Cara Berpakaian Menurut Islam Untuk Laki Laki Yang Benar

 

Berikut ada beberapa cara berpakaian menurut islam untuk laki laki yang diperintahkan oleh rosulullah, antara lain:

  • Wajib menutupi auratnya

Menjadi umat muslim yang sejati dan baik pekertinya itu selalu menutupi aurat dengan menggunakan pakaian yang pantas. Apabila aurat tidak ditutup maka akan mendapatkan dosa dan menumbuhkan kerusakan pada laki-laki tersebut. Dalam islam, aurat laki-laki itu mulai dari pusar sampai lutut. Sebaiknya menggunakan pakaian yang pantas agar nanti tidak menimbulkan fitnah ketika sudah dilihat orang.

  • Hindari pakaian yang menimbulkan sensasi

Pakaian yang mengundang perhatian orang karena bentuk dan jenisnya tidak jelas dengan tujuan yang disenjaga itu tidak baik bagi kalangan muslim. Sebab ini akan berdampak kerusakan dan berpengaruh terhadap lingkungan yang ditempati. Sehingga banyak orang yang mengikuti pakaian yang tidak baik itu.

  • Mamakai pakaian sederhana

Gunakan pakaian yang tidak terlalu mewah agar nanti tidak adanya pemborosan dan menimbulkan sifat tidak terpuji, seperti sombong, congkak, pamer dan yang lainnya. Tentunya ini dilarang dan sebaiknya perlu memakai pakaian yang sederhana saja selama itu sudah nyaman dan enak dipandang.

  • Memakai pakaian putih

Untuk islam sendiri tidak ada batasan dalam pemilihan warna pada pakaian yang digunakan. Namun alangkah baiknya nanti memakai pakaian warna putih yang merupakan suatu amalan ibadah. Terutama ketika sholat dan melaksanakan kegiatan islami, perlu memakai pakaian warna putih.

  • Jangan gunakan pakaian terlalu panjang

Jangan memakai pakaian yang terlalu panjang. Contohnya celana yang di bawah matakaki dan itu merupakan suatu hal yang dholim karena tidak bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya. Gunakan pakaian yang pas dan tidak terlalu panjang serta tidak terlalu pendek dan ketat.

Cara Berpakaian Menurut Islam Untuk Laki Laki Ala Rosul

Selain menerapkan cara berpakaian menurut islam untuk laki laki yang sudah dijelaskan di atas, maka ada beberapa tambahan lagi dalam berpakaian ala rosulullah. Di antaranya adalah dengan menggunakan pakaian yang tidak mirip orang kafir. Rosul selalu mempehatikan betul jenis pakaiannya dan tidak sama dengan orang kafir pada zaman itu. Selain itu. perlu untuk menghindari jenis pakaian yang memiliki bahan dasar dari emas. Sebab bagi seorang laki-laki haram hukumnya ketika mengenakan busana yang memiliki kandungan emas di dalamnya. Dalam memakai pakaian hendaknya untuk mendahulukan sisi bagian kanan dibandingkan dari sisi sebelah kiri. Ini sudah menjadi anjuran dari rosul untuk selalu mendahulukan yang kanan daripada yang kiri. Ketika nanti akan menyopot juga perlu diperhatikan. Mulailah dari yang sebelah kiri baru yang sebelah kanan dicopot. Dengan menerapkan semua yang dijelaskan, salah satunya bagi wanita dengan mengenakan busana muslim syari bisa membuat keimanan kita menjadi lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *