Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Saat Tidur Dengan Tepat?

Home / Kesehatan / Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Saat Tidur Dengan Tepat?

Bagaimana cara mengatasi batuk pada anak saat tidur dengan tepat? Sebagai orangtua pasti merasa sangat kasihan ketika anak sakit batuk secara terus menerus. Batuk memberikan efek yang cukup gawat bagi anak, anak akan mengalami sesak nafas, sulit tidur, malas makan dan sulit berkomunikasi karena ketika sekali berbicara maka akan diselingi dengan batuk. Saat tidurpun anak akan mengalami batuk-batuk juga sehingga kualitas tidur anak terganggu dan sering rewel belum lagi ketika anak harus merasa pusing dan demam sebelum batuk, biasanya batuk pilek disertai dengan dahak yang apabila tidak dikeluarkan akan terasa sangat gatal di tenggorokan namun apabila dikeluarkan maka anak bisa muntah. Mengeluarkan dahak tidak segampang yang dilakukan oleh orang dewasa, karena dahak memiliki sifat yang mudah menempel pada dinding tenggorokan karena memang terbuat dari cairan lendir sehingga untuk membuatnya pecah dan keluar secara sendirinya itu sangat sulit bahkan ketika terasa sangat gatal maka anak keci bisa sampai muntah untuk mengeluarkan dahak disertai isi perutnya. Kasihan bukan apabila anak harus sangat menderita karena batuk?

Tips Mengatasi Batuk Pada Anak Saat Tidur

Inilah tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi batuk pada anak saat tidur. Biasanya saat tidur, anak juga akan batuk-batuk terus. Lalu apa yang bisa ibu lakukan?

  1. Jika anak batuk-batuk saat tidur maka coba miringkan tubuh anak kemudian tepuk-tepuk bagian punggungnya dengan halus.
  2. Kemudian agar tidak berlanjut maka anda bisa membalurkan air yang dicampur dengan garam lalu dioleskan pada leher anak, ini tujuannya adalah agar memberikan efek hangat sehingga tenggorokan tidak terasa gatal-gatal.
  3. Jika sudah maka tunggu reaksinya, apabila batuk pada anak anda masih berlanjut dan ada gelagat ingin muntah maka bantu anak dengan memiringkan badannya dan memijat secara halus tengkuk anak agar apa yang ingin dimuntahkan segera keluar.
  4. Agar tidak berlanjut, sebelum tidur pastikan anda memberikan sirup atau obat batuk khusus anak atau dengan membuat sendiri ramuan herbal atau obat herbal tersebut. Anda juga bisa membeli obat batuk herbal untuk anak yang sudah tersedia di toko-toko obat dan apotek.

 

Apakah Manfaat Obat Herbal Untuk Batuk Pada Anak Saat Tidur?

Apakah manfaat obat herbal untuk batuk pada anak saat tidur? Batuk disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh yang daya tahan tubuhnya sedang lemah. Batuk biasaya menyerang saat cuaca sedang tidak menentu yaitu kadang hujan dan kadang panas, disaat inilah udara menjadi lembab dan sangat dibutuhkan oleh virus dan bakteri serta penyakit lainnya untuk mencari mangsa. Anda sendiri pasti merasa jengkel ketika batuk tidak kunjung sembuh, bayangkan jika anak anda yang batuk-batuk dan tidak berhenti dalam waktu dekat maka sebagai ibu, anda pasti sudah bingung harus memberikan obat apa kepada anak anda. Sekedar informasi bahwa beberapa penyakit menyerang karena daya tahan tubuh yang lemah bukan? Untuk mendorong agar daya tahan tubuh tidak lemah maka ada salah satu solusi tepat yaitu mengkonsumsi buah atau sayur yang tinggi vitamin c dan antioksidan. Lemon, jeruk dan cabai merupakan kumpulan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, berdasarkan penelitian bahwa kandungan vitamin C pada makanan dapat melindungi imun tubuh dari penyakit dan anda bisa tetap fit walaupun keadaan di luar sedang tidak bersahabat seperti cuaca yang ekstrim dan sering berubah-ubah tidak menentu, hal ini harus dihindari anak-anak agar tidak flu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *