Pendidikan Moral di Kalangan Masyarakat

Home / Pendidikan / Pendidikan Moral di Kalangan Masyarakat

Mendengar kata pendidikan moral ini tentunya anda sudah tahu bahwa di dalam proses pendidikan ini yang diajarkan adalah mengenai moral manusia pada umumnya. Moral sendiri merupakan hal yang teramat penting yang harus dipelajari oleh semua manusi yang hidup sebagai makhluk sosial yang artinya manusia tidak bisa hidup tanpa manusia-manusia lainnya. Manusia yang hidup di dunia ini harus memiliki moral. Tanpa adanya moral maka manusia yang dengan manusia yang lainnya tidak akan bisa berhubungan dengan baik.

Pendidikan moral ini harus ditanamkan pada setiap masyarakat sejak dini atau sejak kecil. Hal ini karena moral baik manusia yang sangat sulit diaplikasikan dalam kehidupan mereka. Apalagi di jaman yang modern ini moral baik yang ada di kalangan masyarakat sudah hampir punah. Jika moral baik ini ditanamkan sejak dini maka secara otomatis hal itu akan menjadi kebiasaan yang sulit hilang dalam diri seseorang. Begitu pula dengan moral buruk. Moral buruk yang tumbuh pada setiap pribadi karena tidak adanya moral baik, maka juga akan menjadi kebiasaan buruk yang akan sulit hilang.

hikmiaunilah.blogspot.com

Pentingnya Pendidikan Moral

Berikut ini adalah beberapa arti pentingnya pendidikan moral bagi kehidupan kita sebagai makhluk sosial di kalangan masyarakat :

  1. Penting bagi diri sendiri. Seperti yang pepatah katakan bahwa apa yang kita tanam maka suatu hari nanti akan kita tuai juga. Nah jika menanam sebuah kebaikan dari moral kita yang baik kepada lingkungan sekitar, maka moral baik anda akan dibalas dengan kebaikan pula suatu saat nanti.
  2. Sarana bersikap dalam lingkungan masyarakat. Masyarakat akan memandang kita sebagai orang yang patut dihormati jika kita memiliki moral yang baik tentunya. Jika sedikitpun kita tidak memiliki moral yang baik bahkan sebaliknya hanya moral buruk, maka masyarakat pun akan bersikap buruk pula pada kita.
  3. Sebagai sarana mengaplikasikan nilai-nilai pancasila. Sebagai masyarakat Indonesia, maka tentunya kita tahu nilai-nilai dari pancasila itu sendiri. Dan kita sebagai masyarakat Indonesia wajib berperilaku seprti apa yang ada dalam nilai-nilai pancasila. Karena sejatinya nilai yang terkandung dalam pancasila adalah kebaikan.

Contoh Nilai Pendidikan Moral

Di bawah ini adalah beberapa contoh nilai-nilai dari adanya pendidikan moral :

  1. Nilai keamanahan seseorang. Seseorang yang memiliki moral yang baik umunya merupakan orang yang juga dapat dipercaya atau bisa dikatakan amanah terhadap setiap titipan atau amanah yang diembankan pada orang tersebut.
  2. Nilai kejujuran. Orang yang memiliki moral baik tentu akan sadar akan pentingnya nilai kejujuran dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi di jaman sekarang yang nilai kejujuran sudah sangat jarang dimiliki oleh masyarakat Indonesia.
  3. Nilai kecerdasan. Setiap orang yang bermoral baik sudah tentu mereka akan sadar akan pentingnya belajar untuk mencari ilmu pengetahuan agar menjadi insan yang cerdas dan berwawasan luas.

Sebenarnya masih ada banyak lagi nilai-nilai dalam pendidikan moral ini yang harus kita semua pahami. Karena dengan kita memahami nilai dari moral baik itu sendiri maka kita akan termotivasi untuk senantiasa memperbaiki moral kita dan kita akan tumbuh menjadi pribadi yang baik di masyarakat. Seperti salah satu contoh lembaga pendidikan bimbel yang di dalamnya juga mendidik akan moral, yakni bimbel USM STAN (Ujian Saringan Masuk STAN). Nah dengan adanya bimbel ini menjadi contoh bahwa setiap pendidikan yang berjalan di Indonesia, baik itu formal maupun non formal, harusnya senantiasa diselipi dengan adanya pendidikan yang mengarah pada moral kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *